Tanpa Panik, Ini Tips Selamatkan Diri Dari Gempa

–>

Suara. com – Media baik Twitter ramai dengan kabar sebuah getaran yang diduga merupakan gempa. Hal itu dibenarkan oleh Lembaga Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika.

Di catatannya, gempa bumi 5, 4 skala richter menggunang Banten, Selasa (7/7/2020). Pusat gempa di 18 km Rangkas Bitung, Banten. Gempa tersebut dirasakan sampai Jakarta & Bumi Serpong Damai atau BSD.

Walaupun demikian, hal yang perlu diingat saat terjadi bencana saat gempa ialah untuk tetap tenang & jangan panik. Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga mengeluarkan buku pisah “Tanggap, Tangkas, Tangguh Menghadapi Bencana”.

Di dalam pedomannya, mereka mengatakan bahwa gerakan akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, upayakan keselamatan diri dengan cara berlindung di bawahmeja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca.

Buku Saku Tanggap Tangkas, Tangguh Menghadapi Bencana. (Dok: BNPB)

Lindungi kepala dengan bantal atau helm, atau berdirilah di bawah kesempatan. Bila sudah terasa aman, segera lari keluar rumah. BNPB juga menyarankan untuk segera matikan kompor saat sedang memasak. Kemudian meniadakan dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Kenali bagian bangunan yang mempunyai struktur kuat, seperti pada sudut bangunan. Apabila Anda berada di dalam bangunan yang memiliki petugas keamanan, ikuti instruksi evakuasi, ” tulis BNPB.

Bila keluar rumah, perhatikan jalan pecahan kaca, genteng, atau material lain. Tetap lindungi kepala & segera menuju ke lapangan terbuka, jangan berdiri dekat tiang, pohon, atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.

Mereka juga menyarankan buat tidak menggunakan lift apabila sudah terasa guncangan. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi keluar bangunan. Jikalau sudahdi dalam elevator, tekan seluruh tombol atau gunakan interphone buat panggilan. kepada pengelola bangunan.