Pasang Baliho Dimana-mana, Popularitas Puan Maharani dalam Survei Masih Kalah dari AHY

Suara.com – Puan Maharani menempati urutan keenam pada tingkat popularitas dan likeabilitas tokoh  berdasarkan survei dari Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic).

Urutan itu menempatkan Puan di bawah Prabowo Subianto yang menempati peringkat pertama dengan tingkat popularitas 92,8 persen dan tingkat kesukaan 74,0 persen.

Selanjutnya di bawah Prabowo ada nama Sandiaga Uno, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ridwan Kamil.

Setelah itu baru nama Puan di urutan keenam dengan tingkat popularitas 60,8 persen dan tingkat kesukaan 36,0 persen.

Baca Juga: Soal Baliho Puan Maharani, Ganjarist Tak akan Meniru: Yang Penting Kinerja Bukan Baliho

“Mbak Puan ada di posisi keenam dengan angka popularitas sebesar 60,8 persen dengan tingkat kesukaan 36 persen,” kata Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam secara daring, Selasa (3/8/2021).

Umam mengatakan, hasil survei Puan tersebut tentunya dapat menjadi bahan evaluasi. Mengingat kekinian banyak baliho bergambar Puan yang bertebaran di berbagai wilayah, yang bukan tidak mungkin merupakan strategi meningkatkan popularitas untuk Ketua DPR itu.

“Tentu ini menjadi evaluasi yang baik dan kita bisa lihat di setiap jalan melihat poster Mbak Puan dan saya pikir itu bagian dari meningkatkan popularitas dan likeabilitas Mbak Puan di level nasional,” kata Umam.

Adapun tingkat popularitas untuk Sandiaga Uno sebesar 86,5 persen, Anies Baswedan 80,8 persen, AHY 75,7 persen, dan Ridwan Kamil 64,3 persen.

Sedangkan untuk tingkat kesukaan  Sandiaga Uno sebesar 76,2 persen, Anies Baswedan 67,5 persen, AHY 59,4 persen, dan Ridwan Kamil 55,4 persen.

Baca Juga: Survei Elektabilitas Capres 2024: Prabowo Teratas, Unggul Tipis dari Anies

Sebelumnya dalam hasil survei terkait elektabilitas calon presiden 2024, Puan menempati urutan ke-12 dengan tingkat elektabilitas sebesar 0,6 persen.