Menahan COVID-19, Mahasiswa UMM Mengedukasi Masyarakat Desa Parangargo

–>

Suara. com – World Health Organization (WHO) telah menetapkan  virus corona  atau Covid-19 sebagai pandemic, karena telah menyebar lebih lantaran 200 negara di dunia. Dalam Indonesia, kasus Covid-19 saat tersebut bisa dikatakan semakin meningkat. Satu diantara provinsi dengan penyebaran Covid-19 sempurna urutan kedua yaitu Jawa Timur, karena itu Jawa Timur dianggap Zona Merah.

Ditengah pandemik ini kesadaran masyarakat di Indonesia seharusnya telah mulai ditingkatkan dengan melakukan seluruh kegiatan di era  new normal  dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Pada tanggal 15-16 September 2020 kami Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Udi (UMM) melalui kegiatan Pengabdian Kelompok oleh Mahasiswa (PMM)   yang dibimbing oleh (DPL) kami yakni Bapak Soni Andriawan, S. Pi., M. P telah melakukan Rencana kerja kami yaitu “Sosialisasi  Pencegahan Covid-19 Kepada Masyarakat secara door to door” di RW 02, Dusun Wagir, Desa Parangargo, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Adapun sosialisasi yang diberikan oleh kelompok ana yaitu cara mencuci tangan secara benar, cara memakai masker dengan benar, dan cara mencuci kedok yang benar.

Pada saat kegiatan sosialisasi berlangsung respons warga sangat baik secara mendengarkan setiap arahan dan bimbingan dari kami. Tidak sedikit masyarakat yang baru mendapat pengetahuan terkait cara pencegahan Covid-19. Hal ini menunjukkan kurang meratanya edukasi tentang cara pencegahan Covid-19 dan Protokol Kesehatan yang sudah lama diterapkan oleh Pemerintah di negara kita. Edukasi yang kurang merata serta rendahnya kesadaran diri akan menggembala kebersihan hidup antar individu maupun kepedulian antar masyarakat, membuat negeri kesulitan untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Sehingga kegiatan sosialisasi ini mempunyai tujuan yaitu biar membantu mengurangi jumlah penambahan kasus Covid-19 di Desa Parangargo khususnya Dusun Wagir RW 02. Terlebih untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya. “Kelompok kami berharap melalui kegiatan sosialisasi oleh kelompok 67 tersebut masyarakat RW 02, Dusun Wagir, Desa Parangargo lebih memperhatikan aturan kesehatan   dan dapat menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari agar terhindar dari virus Covid-19 agar terciptanya lingkungan yang kondusif. ” ujar Elsa Pahirawati selalu koordinator ikatan 67 PMM UMM.