Kuasa Hukum Benarkan Nurhadi Bertemu Tiga Hakim Agung, Bahas Apa?

Suara. com – Kuasa Adat terdakwa eks Sekretaris MA Nurhadi, Muhammad Rudjito membenarkan bahwa kliennya pernah melakukan pertemuan dengan 3 Hakim Agung. Meski begitu, cakap Rudjito, pertemuan itu tak ada pembicaraan terkait dengan urusan urusan.

“Ditegaskan memang ada pertemuan antara Pak Nurhadi dengan tiga orang Hakim Agung dengan Pak Sunarto, Bungkus Purwosusilo dan Abdul Manaf. Namun pertemuan itu ditegaskan untuk menghindari fitnah bukan terkait dengan pengurusan perkara, ” ungkap Rudjito dalam Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020).

Rudjito menyebut data saksi mantan Kepala Sub Arah Sekretariat Mahkamah Agung Jumadi dalam sidang, tak ada menyatakan kliennya Nurhadi membahas terkait pengurusan urusan.

“Tidak pernah ada pembicaraaan pengurusan kasus dalam pertenuan itu, ” cakap Rudjito

Baca Pula: Diungkap di Wasit, Anak Nurhadi Beli Tas Hermes 2 Kali, Total Rp satu, 9 M

Situasi sidang kasus suap mantan Sekretaris MA dengan agenda pembacaan dakwaan dengan terdakwa Nurhadi dan Rezky Herbiyono yang dihadirkan secara virtual di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (22/10/2020). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Apalagi, Rudjito pun membeberkan pertemuan Nurhadi dengan 3 hakim itu, hanya membicarakan terkait anggaran serta pembentukan pengadilan pertama.  

“Hanya menyangkut tentang bagaimana pembaruan birokrasi, termasuk pembentukan pengadilan hangat dan soal penganggaran. Yang dibicarakan pada pertemuan itu adalah hal-hal yang berkaitan dengan penganggaran & pembentukan pengadilan baru, ” tutup Rudjito

Sebelumnya, Jaksa dari KPK Wawan mengkonfirmasi apakah pernah ada pertemuan sejumlah Hakim Agung pada tahun 2017 dengan Nurhadi setelah dia pensiun sejak tahun 2016 suram.
“Tahun 2017 ingat saya (adanya pertemuan), ” jawab Jumadi di PN Tipikor.

Jaksa Wawan pun meminta Jumadi menyampaikan siapa saja ketua agung itu, yang melakukan pertemuan dengan Nurhadi. Sekaligus, Jaksa Wawan sambil mengingatkan dengan membaca BAP milik Jumadi saat masih di proses penyidikan.

Adapun nama tiga hakim agung itu yakni Purwosusilo; Abdul Manaf dan Sunarto. Dimana, Abdul Manaf diketahui baru dilantik di tahun 2018.

Menyuarakan Juga: Menantu Nurhadi Klaim Sudah Balikan Rp 35 Miliar dan Kebun Sawit ke Hiendra

“Di BAP pak Sunarto, pak purwosuslio dan pak Abdul Manaf?, ” tanya Jaksa Wawan.