Kerap Kelelahan sebelum Menstruasi Tiba? Itu 5 Tips Mengatasinya

Ilustrasi nyeri haid. (sumber: Visualphotos)

Kelelahan adalah salah satu gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dengan paling umum dan biasanya berlaku beberapa hari sebelum menstruasi.

SuaraJatim. id – Gejala sindrom pramenstruasi (PMS) bisa mencakup kaum hal, mulai dari kelelahan, transformasi suasana hati, nyeri payudara, sakit kepala hingga perubahan nafsu prasmanan.

Mengalami lelah sendiri dapat menyulitkan Kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Makin terkadang bisa menjadi sangat ekstrem sehingga dapat mengganggu sekolah, kegiatan atau aktivitas lain.

Sangatlah normal buat merasa lelah sebelum menstruasi. Tetapi jika kelelahan parah disertai dengan emosi seperti kemarahan, tangisan, keprihatinan, dan perasaan tidak terkendali, ini bisa menjadi tanda gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD), suatu bentuk PMS yang parah.

Dilansir dari Boldsky , berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Rajin menelan air mineral

Sangat penting buat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, Anda akan merasa lebih lelah dan mengantuk, serta dapat memperburuk gejala PMS. Cobalah minum setidaknya delapan gelas air per keadaan.

2. Makan makanan sehat

Istimewa bagi Anda untuk makan sasaran sehat yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk meluluskan banyak energi. Makan makanan seperti pisang, ikan berlemak, nasi merah, ubi jalar, apel, quinoa, oatmeal, yogurt dan coklat hitam makmur akan vitamin B, zat tukul, mangan, kalium dan antioksidan lainnya.

3. Olahraga setiap hari

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa melakukan latihan aerobik di jumlah sedang dapat membantu menekan kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi sebagian besar gejala PMS.