Kapsul Endoskopi, Alat untuk Menjajaki Gejala Kanker Usus pada Rumah

Suara. com kepala Ilmuwan sudah mengembangkan alat berbentuk kapsul yang diberi kamera kecil untuk memeriksa kondisi usus bagi pasien yang disebut kapsul endoskopi usus besar.

Alat ini akan mengambil gambar di saluran pencernaan setiap dua detik. Gambar-gambar ini dipancarkan ke media perekam yang dipakaikan pada pinggul pasien.

Dari hasil rekaman itu, petugas medis dapat menyampaikan diagnosis dalam beberapa jam.

Menurut The Sun , alat ini dapat mendeteksi berbagai fakta awal penyakit di lambung atau usus, mulai sebab kanker hingga penyakit Crohn.

Baca Juga: Diduga Carok, Pria Bersarung Usus Terburai Tewas di Pendahuluan Warkop Surabaya

Tak perlu ke dokter, corong ini dapat digunakan secara aman dan cepat dalam rumah. Namun, alat tersebut hanya ada di NHS (sistem layanan kesehatan Britania Raya).

Endoskopi kapsul milik NHS (YouTube/The Sun)

“NHS sekarang mendorong lulus dengan inovasi asli untuk memperluas layanan kondisi kesehatan lainnya, ” kata Besar NHS Sir Simon Stevens.

“Itulah mengapa kami sekarang menguji coba kamera kapsul untuk memungkinan lebih beberapa orang menjalani penyelidikan kanker secara cepat dan aman, ” sambungnya.

Selain itu, ia mengatakan teknologi ini dapat mengurangi efek penyebaran Covid-19 karena anak obat tidak perlu datang ke rumah sakit untuk prosedur kolonoskopi.

Rencananya, NHS akan mengirim 11 ribu jalan pemeriksaan di rumah itu ke pasien di lebih dari 40 wilayah dalam Inggris selama 12 kamar ke depan.

Baca Juga: Kenali Gejala serta Penyebab Radang Usus Gugup

Jika uji jika ini berhasil, alat mampu digunakan secara rutin untuk memeriksa kanker usus.