Kacau TWK KPK, Hari Ini Komnas HAM Periksa BKN

Perkataan. com – Komisi Nasional (Komnas) PEDOMAN mengagendakan pemeriksaan terhadap Lembaga Kepegawaian Negara (BKN) di hari ini Rabu (16/6/2021). Pemeriksaan terhadap BKN berperan dimintai keterangannya terkait metode Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang menyebabkan 75 personel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinonaktifkan dan bahkan terancam dipecat.

“Besok (hari ini) masih ada pemeriksaan – pemeriksaan, pendalaman untuk BKN. Pemeriksaan juga untuk kira-kira ahli instansi psikologi serta instansi terkait pelaksanaan ulangan TWK tersebut berupa pengkajian, ” kata Komisioner Penilikan dan Penyelidikan Komnas PEDOMAN, Choirul Anam kepada kuli di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2021) kemarin.

Diharapkan BKN dapat memenuhi panggilan dari Komnas HAM, guna menuntaskan polemik 75 pegawai yang terus terbenam.

“Kami berharap instansi dengan punya jadwal besok agenda 16 Juni hari Rabu dan hari Kamis itu berharap untuk tetap serasi dengan jadwal dan datang, ” kata Anam.

Baca Juga: Koordinasi Dengan BKN, KPK Klaim Terus Berupaya Dapatkan Salinan TWK 75 Pegawai

Sesuai diketahui, penyidik senior KPK, Novel Baswedan bersama sebesar pegawai yang tidak lolos TWK melaporkan oknum pimpinan KPK ke Komnas HAM.

“Ada tindakan yang manasuka dilakukan dengan sedemikian corak. Efek dari tindakan sewenang-wenang itu banyak pelanggaran PEDOMAN, ” kata penyidik senior KPK Novel Baswedan di Jakarta.

Novel mengatakan terdapat beberapa hal yang disampaikan kepada Komnas HAM di antaranya terkait penyerangan privasi, seksualitas hingga masalah beragama.

Menurut dia, situasi itu sama sekali tak pantas dilakukan dan sangat berbahaya. Novel meyakini TWK hanya bagian untuk menyingkirkan pegawai yang bekerja dengan baik dan berintegritas.

Baca Pula: Komnas HAM Bakal Libatkan Tiga Mampu Selesaikan Polemik TWK Personel KPK