Kabupaten Maros Diguyur Hujan Es, Tersebut Penjelasan BMKG

Hujan deras disertai es mendarat di wilayah Kota Cimahi, Rabu (23/9/2020). (FOTO ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

SuaraSulsel. id – Hujan es mengguyur Kabupaten Maros, Senin (9/11/2020). Membuat beberapa warga heran. Karena baru kali ini melihat fenomena hujan es.

Prakirawan Lembaga Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Nur Asia Utami mengatakan, hal tersebut dipengaruhi pertumbuhan awan kumulonimbus yang lulus tinggi. Dikarenakan konvektifitas atau kelabilan massa udara yang cukup mulia.

Dia menjelaskan, fenomena hujan disertai secara biji kristal ini umum berlaku. Apalagi di peralihan musim serupa sekarang.

Karena awan terdiri dari maujud padat, zat cair, dan ada juga berupa gas. Maka masa berada di puncak, awan tersebut akan terbentuk kristal-kristal es.

“Itu kasusnya sering terjadi dan pengaruh lantaran peningkatan awan kumulonimbus di daerah pesisir laut. Jadi arus angin mendorong kristal es itu ke bawah, sehingga massa kristal-kristal es sampai ke bumi dalam suasana belum sempat mencair. Jadi kiranya seperti es, ” kata Sinar Asia.

Ia menambahkan, pada kondisi peralihan musim kemarau ke musim hujan, udara belum stabil. Tapi karena ada dorongan angin yang berpengaruh, sehingga proses pencampuran massa pada awan itu tidak terjadi.

Senin (9/11/2020) Pukul 14. 30 Wita, terpantau pembentukan awan comulonimbus (Cb) di sekitar wilayah pesisir Makassar / [Foto : BMKG Makassar]

“Awan-awan yang seharusnya segera bercampur dulu buat jatuh ke bumi. Jadi dipaksa didorong turun. Istilahnya namanya down draft, ” tambahnya.

Nur Asia meminta warga tetap waspada. Kondisi abu deras disertai angin deras sedang akan melanda Sulsel dalam kurang waktu yang akan datang.

Diketahui, isyarat hujan disertai biji kristal tersebut direkam oleh warga di kira-kira Bandara Lama Kabupaten Maros. Gambar berdurasi 2 menit 9 denyut itu tersebar di media baik.

Awak yang merekam hujan es itu pun memperlihatkan kristal-kristal es yang jatuh di depan rumahnya disertai dengan guyuran hujan deras.