Jangan Sembarangan Ganti Baterai Kunci Cerdas Mobil, Ada Risikonya

Suara.com – Mobil baru rata-rata sudah dilengkapi dengan teknologi kunci cerdas, yang juga biasa disebut keyless system. Selain berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu, remote keyless juga memiliki kegunaan lain sebagai alarm dan terkoneksi dengan tombol start/stop engine.

Berbeda dari kunci manual biasa, kunci cerdas bekerja mengandalkan sensor. Mobil bisa dikunci dan dibuka pintunya, hanya dengan memencet tombol atau mendekatkan kunci dengan mobil.

Karenanya, kunci cerdas ini sangat bergantung pada baterai. Ketika baterai kunci cerdas lemah, otomatis akan sangat mengganggu aktivitas. Gejala baterai remote lemah, paling sering dialami adalah sulit saat membuka pintu walau tombol sudah ditekan berkali-kali atau jangkauan sinyal yang tiba-tiba berkurang dari biasanya.

Untuk itu, Suparna selaku Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, menganjurkan agar pemilik mobil dengan keyless tak menunda untuk mengganti baterai bila sudah timbul gejala tadi.

Baca Juga: Kunci Mobil Tersangkut di Tenggorokan, Turis Belanda Tewas Mengenaskan

“Jangan ditunda, karena efeknya itu bisa merepotkan, apalagi bila sedang dalam perjalanan jauh. Selain repot, bila baterai sampai benar-benar habis artinya mobil juga tidak aman, karena alarm tak berfungsi,” ucap Suparna.

Baterai kunci cerdas mobil letaknya di bagian dalam. Untuk mengganti, otomatis harus membuka rumah atau cover dari remote, dengan cara mencungkil bagian tengah atau membuka bautnya. Walau terkesan mudah, Suparna menganjurkan pemilik mobil tidak melakukan penggantian baterai sendiri.

Hal ini lantaran untuk membuka cover kunci cerdas dibutuhkan peralatan khusus agar tidak merusak klem atau penjepitnya.

Selain itu, meski harga baterai yang dipasarkan oleh bengkel resmi sedikit lebih mahal, tapi dari segi kualitas berbeda dengan yang dijual di pasar aftermarket.

“Membuka rumah remote itu perlu alat khusus agar penjepitnya tidak rusak, karena model keyless saat ini rata-rata sudah tidak pakai sekrup lagi,” jelas Suparna.

Baca Juga: Tutorial Buka Pintu Mobil yang Terkunci, Jadi Inspirasi Maling?

Suparna memaparkan, di bengkel resmi harga baterai termasuk jasa pemasangan kisarannya Rp 120.000. Sedangkan untuk daya tahan baterai biasanya sekitar dua sampai tiga tahun pemakaian.

“Yang sudah-sudah beli baterai di luar itu bertahan empat sampai enam bulan saja, selebihnya harus ganti lagi,” urai Suparna.