Jadi Syarat Masuk Mal dan Resto, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online

Suara.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempertimbangkan pemberlakuan syarat kartu vaksinasi Covid-19 untuk masuk ke tempat hiburan, taman, dan kegiatan di ruang terbuka lainnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara langsung telah mempertimbangkan terkait pemberlakuan syarat tersebut, meski belum bisa dipastikan kapan akan mulai diberlakukan.

“Kalau nanti suatu saat tempat hiburan dibuka, taman dibuka, kegiatan-kegiatan ruang terbuka juga diizinkan, maka pada saat itu juga harus vaksin dulu,” kata Anies dalam konferensi pers virtual melalui kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Anies mengatakan, tak hanya tempat hiburan dan taman saja yang diwacanakan diberlakukan kebijakan wajib vaksin. Restoran dan mall juga nantinya akan menerapkan kebijakan wajib vaksin bagi pengunjung dan pengelolanya.

Baca Juga: Cara Cetak Sertifikat Vaksin PeduliLindungi untuk ke Restoran dan Salon

Jika aturan tersebut disahkan, nantinya masyarakat harus menunjukan sertifikat vaksin melalui ponsel.

Bagi Anda yang sudah divaksinasi Covid-19, sertifikat vaksin bisa didapat melalui akses ke situs Peduli Lindungi. Dikutip dari covid19.go.id, berikut cara lengkapdapat sertifikat vaksin Covid-19:

1. Kunjungi situs pedulilindungi.id/periksa-sertifikat atau klik di sini.

2. Isi info login dengan nomor telepon atau email yang digunakan saat mendaftar. Jika belum memiliki akun, harus daftar terlebih dulu.

3. Masukan kode OTP yang dikirim ke nomor telepon atau email.

Baca Juga: Apa Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Muncul saat Dicari?

4. Jika sudah berhasil mengakses tautan, periksa Sertifikat Vaksinasi COVID-19 dengan memasukkan data vaksinasi seperti:
Nama Lengkap
NIK / No. Paspor
Tanggal Lahir
Tanggal Vaksinasi
Jenis Vaksin yang diterima

5. Pastikan data yang dimasukkan sesuai, lalu klik tombol “Periksa” untuk tampilkan hasilnya.

Bila sertifikat tidak tersedia, hubungi CALL CENTER 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan.

Jangan mengumbar data ataupun sertifikat vaksinasi ke publik maupun media sosial. Karena ada banyak data pribadi berharga tertulis pada sertifikat vaksin yang dapat disalahgunakan pihak tidak bertanggungjawab.