Dukung Kebebasan Berpendapat, FIFA Tak Akan Sanksi Jerman karena Protes HAM

Suara. com – Badan sepak bola dunia FIFA menyatakan tidak akan menerapkan sanksi kepada tim nasional Jerman yang mengenakan T-shirt berisi protes yang mendukung penegakan hak asasi manusia sebelum mereka menjalani musabaqah kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (26/3/2021) dini keadaan WIB.

Pelatih kepala Timnas Jerman Joachim Loew menyatakan mendukung pemain-pemainnya setelah mereka mengenakan kaus warna hitam bertuliskan huruf yang dirangkaikan menjadi tulisan putih berbunyi “Human Rights” yang ditujukan kepada Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Negeri 2022.

Protes itu terjadi sebelum Jerman berlaga melawan Islandia yang mereka menangi dengan nilai telak 3-0.

Gelandang tim nasional Jerman Ilkay Gundogan (kanan) menghindari hadangan bek Islandia Alfons Sampsted dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 daerah Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Jumat (26/3/2021) pra hari WIB. [Tobias SCHWARZ / AFP / POOL].

“Itu adalah pertanda kami menegakkan semua hak asasi manusia di dunia, tak peduli tempatnya, ” kata Loew setelah laga kualifikasi tersebut di Duisburg seperti dikutip AFP, Jumat (26/3/2021).

Baca Serupa: Eksekusi Bola Mati CR7 Tak Teristimewa Mematikan, Ada Apa dengan Ronaldo?

FIFA melarang ada pernyataan politik selama ajang yang digelar badan sepak bola dunia tersebut namun kepada AFP, FIFA menyatakan tidak akan memerosokkan sanksi kepada Jerman.

“FIFA meyakini kebebasan berpendapat & kekuatan sepakbola dalam memajukan perubahan positif, ” nada pernyataan FIFA.

FIFA selalu menyatakan tidak akan menjebloskan sanksi kepada Norwegia dengan melakukan protes serupa berkaitan dengan masalah HAM pada Qatar yang dikritik bersusah-susah oleh kelompok-kelompok pembela PEDOMAN. Qatar sendiri membantah semua tudingan itu.

Pemerintah Jerman mendukung penentangan timnasnya itu yang disebut juru bicara Kanselir Angela Merkel telah menegaskan balik nilai yang dibela warga Jerman.

Sebaliknya Dagmar Freitag, ketua komisi olahraga pada parlemen Jerman menyatakan ada standar ganda dalam penentangan timnas itu karena para-para pemain Bayern Munich di dalam timnas Jerman terlibat pada situasi pelik karena kongsi Qatar mensponsori juara dunia klub itu. (Antara)

Baca Juga: Messi Cuma Sekali Minta Bertukar Jersey, dan Itu ke Dongeng Real Madrid