Bacaan Surah Agar Doa Dikabulkan Allah SWT Menurut Buya Yahya

Suara.com – Surah-surah dalam Alquran memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, salah satunya yaitu dikabulkan doa oleh Allah SWT bagi yang membacanya. Simak berikut ini bacaan surah agar doa dikabulkan Allah SWT menurut Buya Yahya.

Al-Quran, kitab suci bagi umat Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Al-Qur’an sendiri terdiri 114 surah, 30 juz, dan 6236 ayat. Aya-ayat Alquran memberikan banyak keberkahan dan kedamaian bagi siapa saja yang membacanya. 

Masing-masing surah-surah dalam Alquran mempunyai makna, keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Namun, perlu diketahui, terdapat 2 surah istimewa dalam Alquran dan menjadi nur (cahaya) bagi Rasulullah SAW.

Bacaan Surah Agar Doa Dikabulkan Allah SWT Menurut Buya Yahya

Baca Juga: Doa Sholat Dhuha, Arti dan Waktu Pelaksanaan

Nah, simak berikut ini penjelasan Buya Yahya mengenai 2 surah agar doa dikabulkan Allah SWT yang dilansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV (21/7/ 2018).

Dalam video yang diunggah di YouTube tersebut, Buya Yahya mengatakan, terdapat beberapa ayat Alquran yang dianjurkan agar dibaca berulang-ulang. Adapun surah istimewa yang perlu diulang-ulang tersebut yaitu surat Alfatihah yang terdiri 7 ayat.

Diketahui, surah Al-Fatihah merupakan surah urutan pertama dalam Alquran. Menurut Buya Yahya dalam video YouTube-nya, surah Alfatihah ini juga surah yang paling agung di antara surah-surah lainnya.

Keutamaan Surah Alfatihah Menurut Buya Yahya

Buya Yahya menyampaikan, surah Alfatihah mempunyai banyak keutamaan. Pada suatu ketika, dikisahkan Nabi Muhammad SAW tengah duduk bersama malaikat Jibril, lalu pintu langit terbuka.

Baca Juga: 150 Nama Bayi Laki-laki Awalan Huruf R, Artinya Penunjuk Jalan, Tak Kenal Rasa Takut

Kemudian turun malaikat seraya berkata: ‘Ya Muhammad, bergembiralah dengan dua cahaya, yang dua cahaya ini hanya diberikan kepadamu dan tidak pernah diberikan kepada Nabi sebelumnya.’

Kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya: ‘Apa dua cahaya itu?’

Malaikat pun menjawab: ‘dua cahaya itu adalah surah Al-Fatihah dan pungkasan surah Al-Baqarah.’

Keutamaan surah tersebut jika dibaca meski hanya satu huruf saja dengan sungguh-sungguh dan penuh pengharapan, maka Allah SWTakan mengabulkan doanya.

 Adapun pungkasan surah Al-Baqoroh tersebut dimulai dari ayat ‘Aamanar Rasuulu bimaa…’ hingga ayat terakhir.

‘Tidak engkau membaca satu huruf kemudian memohon kepada Allah, kecuali menjadi sebab dikabulkan doamu’

Buya Yahya kembali menyampaikan bahwa para ulama selalu membaca doa dengan membaca dua surat ini yakni Alfatihah dan Al-Baqoroh. Satu ayat saja mendapat jaminan dikabulkan doanya, apalagi seluruh ayat dalam surah dibaca utuh.

Sebab Dikabulkannya Doa Menurut Buya Yahya

Dalam video ceramahnya tersebut, Buya Yahya menjelaskan ketika berdoa, terdapat sebab dikabulkannya doa oleh Allah SWT. Di antaranya yakni baca sholawat di awal dan akhir, lalu membaca surah alfatihah (boleh) di awal maupun di akhir.

‘Berdoa dibarengi dengan Al Fatihah, boleh di awal dan di akhir,’ tutur Buya Yahya.

Buya Yahya juga menyampaikan, dzikir-dzikir yang dibaca oleh para ulama sudah sesuai dengan haditsnya atau petunjuk yang diberikan Nabi Muhammad SAW.

Buya Yahya juga kembali menegaskan, semua surah dalam Alquran memiliki keutamaan dan keistimewaan. Namun, di antara semua surah, terdapat beberapa ayat yang paling istimewa dan dikhususkan Allah SWT.

Nah, demikianlah informasi mengenai bacaan surat agar doa dikabulkan Allah SWT menurut Buya Yahya. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Kontributor : Ulil Azmi