Aplikasi Dikabulkan, Sidang Jerinx SID Akan Digelar Offline

Majelis ketua meinta agar terdakwa Jerinx & para pendukungnya tertib.

SuaraBali. id berantakan Majelis hakim Meja hijau Negeri Denpasar mengabulkan permohonan I Gede Ari Astina alias Jerinx SID agar sidang digelar secara tatap muka atau offline.

Dengan sejenis, sidang lanjutan kasus ujaran antipati terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan terdakwa Jerinx SID bakal digelar tatap muka.

Sidang tersebut mau digelar Selasa (13/10/2020) dengan program pemeriksaan saksi dan jaksa penggugat umum.  

Hal itu disampaikan Kepala Majelis Hakim, Ida Ayu Adnya Dewi dalam sidang yang virtual Selasa (6/10).

Ia mengatakan sidang Jerinx SID perlu dilakukan secara offine guna mencari kebenaran materiil.

“Setelah ana bermusyawarah dengan melihat perkembangan persidangan untuk pemeriksaan saksi dan terdakwa persidangan perlu dilakukan secara offline dengan pertimbangan sebagai tujuan proses sidang pidana untuk mencari kebenaran materiil, ” ujarnya seperti dikutip SuaraBali. id.

Sidang kedua Jerinx SID [YouTube/PN Denpasar]

Kendati begitu, majelis hakim meminta agar pihak Jerinx SID beserta pendukungnya mematuhi protokol kesehatan di tengah Covid-19 dalam persidangan offline.

“Semua pihak harus menaati peraturan sidang dan khusus terdakwa wajib hadir dengan pengamanan dan memakai pakaian sopan, ” sambungnya.

Untuk diketahui, Jerinx SID dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atas dugaan pencemaran nama baik.

Dia kedapatan mengunggah gubahan di Instagram dengan menyebut “IDI Kacung WHO” yang disertai emoji kepala babi. Jerinx SID kendati telah mengakui secara sadar membuat unggahan itu sebagai bentuk pertimbangan. Dia juga sudah meminta maaf.